Wednesday, March 7, 2012

Cukup minum air putih

Himbauan tersebut diserukan oleh Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dalam rangka menyambut Hari Ginjal Sedunia yang diperingati setiap hari Kamis di minggu kedua bulan Maret. Tahun ini berarti Hari Ginjal Sedunia tanggal 8 Maret 2012.
Menjaga kesehatan ginjal merupakan hal penting yang harus dilakukan. Ginjal memiliki fungsi yang luar biasa dalam tubuh manusia. Selain untuk membersihkan racun dan mengeluarkan kotoran dari darah, ginjal juga berfungsi untuk mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh, serta untuk mengeluarkan hormon yang membantu produksi sel darah merah. Karena itu, ginjal memainkan peran utama dalam mengatur tekanan darah dan menyeimbangkan elektrolit penting yang menjaga ritme jantung.
Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan 8 langkah, yaitu
  1. menjaga kesehatan dan rutin berolahraga, 
  2. menjaga kadar gula darah tetap stabil, 
  3. menjaga tekanan darah dalam batas normal, 
  4. mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan, 
  5. minum banyak air putih, 
  6. tidak merokok, 
  7. tidak mengonsumsi obat sembarangan, serta 
  8. memeriksa fungsi ginjal segera apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko.
Salah satu upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan minum air putih yang cukup. Air putih yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap hari akan turut memelihara kesehatan ginjal, yang berarti menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Air berperan sebagai media pelenyap sisa metabolisme, sedangkan ginjal adalah organ yang berfungsi menyaring darah dan mengeluarkan sisa metabolisme ini. Jika kekurangan air, maka kinerja ginjal akan menjadi lebih berat. Hal inilah salah satu penyebab orang yang kurang minum air putih mengalami gangguan ginjal.

sumber : Intisari-Online.com

No comments:

Post a Comment